Rabu, 27 Maret 2013

Aturan sepertiga – Rule of Thirds


Rule of thirds/aturan sepertiga merupakan rumus komposisi yang paling populer. Komposisi ini didapatkan dengan membagi bidang gambar dalam tiga bagian yang sama besar dan proporsional baik horizontal maupun vertikal.
Dengan pembagian tersebut, terbentuklah garis-garis dan empat titik perpotongan garis tersebut. Menurut aturan ini, sebaiknya bagian foto yang paling menarik ditempatkan di salah satu titik pertemuan tersebut.
Aturan ini bisa digunakan untuk jenis fotografi apa saja dan cocok untuk dicoba terutama oleh pemula sehingga subjek utama foto tidak selalu ditempatkan di tengah saja. (kutipan dari buku Kamera DSLR itu Mudah!)

Foto dikrop dan dikonversi menjadi hitam putih melalui Adobe Lightroom 4. Tujuan saya menjadikan foto hitam putih adalah untuk memberikan kesan klasik.  Ada alternatif  versi editing lagi yaitu dengan menambahkan warna yang disebut split toning. Bagian highlight (terang) diberikan sedikit warna kuning, dan bagian shadow (gelap) dimasukkan warna biru. Kesan foto menjadi agak “dingin-dingin hangat” seperti yang saya rasakan saat matahari terbit.
Catatan tentang lighting : Cahaya dari belakang dari matahari yang baru terbit membuat kesan yang menarik dan membuat perahu lebih berdimensi karena ada yang bagian yang terang dan ada bagian yang gelap.
Foto diambil saat tur fotografi di pantai Ujung Genteng 23-24 Maret 2013 yang lalu. Nantikan tur Infofotografi berikutnya ya :)

perahu nelayan di pantai Ujung Genteng
Dan dibawah ini cara saya ngambilnya. Foto oleh Iesan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar