Selasa, 09 April 2013

Tips Memotret Senja


Mengabadikan sunset memang menjadi tantangan tersendiri. Kalau kita tidak tahu tekniknya, bisa-bisa gambar akan menjadi gelap (under exposure) atau goyang (shaking). Bagi Anda yang masih kesulitan untuk mengabadikan momen sunset, simak beberapa tips yang dirangkai Feny Susanti berikut.

1. Siapkan Tripod
Tripod sangat dibutuhkan untuk memotret sunset mengingat pencahayaan sangat minim sehingga kita harus mengatur exposure dalam posisi shutter speed lambat. Jika kita ingin memotret menggunakan speed lambat tanpa menggunakan tripod, biasanya gambar akan menjadi blur (buram).
2. Perhatikan Matahari
Jangan memotret matahari secara langsung, apalagi saat kontras—cahaya matahari masih tinggi. Kondisi itu akan mengakibatkan foto menjadi terlalu terang (overexposure). Untuk mengakalinya, sembunyikan matahari di balik bayang-bayang pohon atau di balik objek lain. Bisa juga mengeluarkan matahari dari frame foto sehingga yang tertangkap kamera adalah bias cahaya keemasan sinar matahari.

3. Tentukan Objek Foto
Sebelum memotret, sebaiknya Anda tentukan terlebih dahulu objek foto yang ingin dijadikan foregraound. Tampilan foregraound sendiri bisa dalam bentuk orang, pohon, rumah, kapal perahu, ataupun yang lain.

4. Gunakan Flash
Lampu kilat tersebut berguna jika ingin menerangi objek yang kita foto sebagai foregraound dengan latar langit senja. Jika tidak begitu, objek foto akan menjadi siluet. Lain hal jika Anda memang ingin hasil siluet.

5. Gunakan Filter
Filter sangat berguna untuk membuat efek-efek gradasi cahaya yang lebih bagus. Pergunakan filter Anda untuk mendapatkan efek gradasi yang lebih dramatis.
6. Perbanyak Komposisi Langit
Perbanyak komposisi awan (langit) dibandingkan dengan daratan di dalam frame. Langit di waktu senja
lebih menarik untuk diabadikan daripada daratan yang rata-rata bercorak hitam kelam karena efek siluet dari sinar matahari yang berada di depan Anda.

7. Jangan Terpaku pada Wide Angel
Memotret sunset menggunakan lensa sudut lebar (wide angel) merupakan hal yang biasa, tetapi jangan hanya terpaku pada lensa itu. Manfaatkan rentang lensa yang lain, misalnya lensa tele.

8. Gunakan Manual Focus
Karena sunset memiliki kualitas cahaya yang lumayan ekstrem, kadang kamera kesulitan menemukan fokus jika Anda menggunakan mode auto focus. Segera ganti ke mode manual sehingga tidak perlu menunggu kamera menemukan titik fokus.

9. Gunakan Preset White Balance Cloudy
Ubahlah setting white balance kamera ke cloudy (biasanya dilambangkan dengan ikon mendung).
Setting white balance itu akan membuat foto sunset lebih hangat dan warnanya lebih “menggigit” bila
dibandingkan penggunaan setting white balance auto.

10. Gunakan Spot Metering atau Sunset Scene
Untuk memperoleh hasil yang bagus, gunakan mode metering spot jika Anda memiliki kamera SLR dan
jenis prosumer. Atau, gunakan mode scene sunset jika Anda menggunakan kamera saku tipe pemula. Untuk pengukuran menggunakan spot meter, arahkan titik fokus ke area sekitar matahari (jangan tepat di depan matahari), lalu lakukan metering dengan memencet separuh shutter, kemudian kunci exposure Anda. Untuk kamera saku (dengan mode scene), tinggal arahkan dan jepret. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar